Posted by : Unknown Wednesday, May 22, 2013














Anda pada mulanya Saya sering bingung antara ingin menulis gadget atau widget pada artikel di blog ini. Akan tetapi, setelah Saya telusuri di Google, ternyata Gadget dengan Widget memiliki perbedaan. Apa beda Gadget dengan Widget??
 
A. Gadget
Gadget jika diartikan secara umum adalah device atau perangkat seperti handphone, ipad dan lainnya. Akan tetapi di dunia Blogger, Gadget merupakan sebuah pernak-pernik khusus yang tujuannya mendukung tampilan, penggunaan dan lainnya dan di khususkan untuk Blogger. Contohnya : Gadget Follower, Follow by E-mail dan lainnya yang dalam artian gadget ini tidak ada pada CMS lain seperti wordpress, typepad, joomla dan lainnya.

B. Widget
Sedangkan widget, pengertiannya sama persis dengan gadget, akan tetapi widget pada umumnya mendukung secara keseluruhan dari semua CMS. Contoh : widget who.amung.us, histat, mypagerank.net dan widget-widget lainnya yang bertebaran yang dalam kategorinya dapat di install di berbagai macam CMS yang tersedia di Internet.


Pendapat Lain. . .

Secara umum, gadget adalah device atau perangkat seperti ponsel, ipad, dan lainnya.

Namun, gadget juga memiliki pengertian khusus dalam dunia blog. Dalam Blogger—salah satu layanan penyedia blog—gadget memiliki pengertian pernak-pernik khusus yang ditujukan untuk mendukung tampilan atau fungsi lainnya yang dikhususkan untuk pengguna Blogger.

Dalam hal ini misalnya Gadget Follower. Jadi, dalam versi Blogger, gadget adalah “elemen atau fungsionalitas baru yang bisa ditambahkan ke halaman blog.” Namun penggunaannya terbatas hanya pada layanan Blogger, dalam arti gadget itu tak bisa difungsikan di platform lain, semisal Wordpress, Joomla, atau lainnya.

Sedangkan widget memiliki definisi yang sama dengan gadget (dalam pengertian khusus versi Blogger), namun lebih dapat digunakan secara luas—tidak sebatas pada Blogger saja. Misalnya widget Histat, dan lain-lain, yang dapat digunakan secara umum dan tak terbatas hanya pada salah satu platform.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

About Me

Blogger news

Welcome to My Blog

Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini

What time is it ??

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Animated Dragonica Star Glove Pointer

Visitors

- Copyright © Go Go Gadget -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -